Pelajari Syarat Jual Beli Properti Sebelum Bertransaksi

Penulis : Fitri Ratna Irmalasari

Jual beli properti adalah hal yang lumrah, namun nyatanya tak semua orang paham syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan. Kecuali Anda berkecimpung dalam bisnis properti, transaksi seperti ini mungkin hanya terjadi beberapa kali dalam seumur hidup. Wajar jika Anda tak merasa harus mempelajari detil jual beli. Kebanyakan orang baru merasa kelabakan ketika harus menjual atau membeli properti. Kebingungan ini juga biasanya terselesaikan dengan cara melibatkan pihak perantara yang dianggap paham mengenai seluk beluk transaksi properti.  Namun seiring perkembangan zaman, orang-orang cenderung ingin melakukan segala transaksi secara mandiri, termasuk properti.

Jika Anda salah satu yang berniat menjual atau membeli properti, dengan atau tanpa bantuan perantara, Anda harus akrab dengan berbagai singkatan seperti AJB, PBB, NJOP, BPHTB, PPAT, dll. Tentunya agar lebih siap menghadapi transaksi yang nominalnya terbilang besar ini. Setelahnya, inilah hal-hal yang perlu Anda lakukan agar dapat memenuhi syarat-syarat jual beli.

Mengecek sertifikat. Jangan sampai rumah yang Anda beli tersangkut sengketa, misalnya dalam penyitaan, pemblokiran, atau kasus hukum lainnya. Hanya Badan Pertanahan Nasional yang berhak melakukan pengecekan sertifikat. Jadi, silahkan datang ke kantor pertanahan setempat untuk melakukan pengecekan dan mencari tahu keabsahan sertifikat. Kadang, ada juga penjual yang menawarkan tanah yang belum bersertifikat. Ini tentu saja membuat Anda ragu akan status kepemilikan properti tersebut. Nah, Anda bisa mendatangi kantor Kepala Desa atau kecamatan setempat. Oh ya, jangan lupa pula untuk meminta pihak penjual menunjukkan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT) kepada Anda. SKPT diterbitkan oleh Badan Pertanahan.

Mengecek dokumen lainnya. Dokumen lain yang harus Anda pastikan kelengkapannya adalah  dokumen PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), NJOP (Nilai Jual Objek), dan BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan).

Merinci biaya-biaya yang diperlukan. Banyak jual beli yang tak berjalan mulus sebab salah satu pihak, atau bisa saja kedua pihak, kurang paham akan biaya-biaya tambahan yang muncul saat proses pengurusan dokumen-dokumen jual beli. Anda juga harus mencari tahu siapakah yang menanggung biaya-biaya tersebut, apakah pihak pembeli atau pihak penjual.

Mengurus Akta Jual Beli (AJB). Setelah mengetahui syarat-syarat di atas, kini saatnya Anda mengurus AJB. Ini syarat utama dalam proses jual beli, karena berfungsi sebagai bukti legal bahwa bahwa Anda sudah membeli tanah atau bangunan dari pihak penjual. AJB juga perlu disertakan dalam proses pembuatan sejumlah dokumen peralihan dari pemilik lama ke pemilik baru. Tidak semua orang berwenang menjadi pihak penjual maupun pihak pembeli. Jika salah satu pihak termasuk orang yang tak berwenang, otomatis AJB batal secara hukum. Maka, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah Anda berwenang untuk menjual atau membeli properti. Dan ingat, jangan pernah membeli properti tanpa AJB.

Kemana Anda mengurus AJB? PPAT jawabannya. Kantor PPAT (Pejabat Pembuat Akte Tanah) bertanggung jawab mengurus sistem administrasi jual beli rumah di suatu daerah. Jadi, jika Anda membeli rumah di Bogor, jangan harap Anda bisa mengurus AJB di kantor PPAT Tangerang. Percayakan semua proses beserta perhitungan biaya-biaya tambahan kepada PPAT setempat agar proses jual beli aman bagi kedua pihak.

**

Mengurus jual beli properti sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan ya. Anda pun pasti bisa melakukannya sendiri selama bersedia menyempatkan diri untuk mencari informasi mengenai proses tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s