Promo Maksimal Lewat Tur Virtual

Penulis : Fitri Ratna Irmalasari

Hidup di tengah perkembangan dunia digital memang menyenangkan. Teknologi digital mampu membuat segalanya menjadi lebih mudah dan prkatis. Dalam bisnis properti, kita patut bersyukur dengan kehadiran tur virtual yang sekarang mulai menjadi tren baru media pemasaran properti. Jika ingin menjual properti, Anda bisa mengunggah tur virtual properti tersebut pada halaman blog maupun berbagai platform media sosial. Kini juga sudah ada situs web properti Indonesia yang menyediakan fitur tur virtual. Tur virtual disebarkan secara viral dan selanjutnya, Anda cukup menunggu dihubungi oleh para calon pembeli.

Promosi online ini kelihatannya memang sederhana, namun bukan berarti tak perlu strategi lho. Yuk, intip di bawah ini apa saja yang perlu Anda lakukan jika hendak mempromosikan properti dalam kemasan tur virtual.

  • Rapikan rumah atau apartemen yang hendak Anda jual sebelum menampilkannya dalam tur virtual.

Lewat tur virtual, calon pembeli mendapatkan gambaran yang lebih nyata dan hidup atas properti Anda. Jadi, jangan biarkan calon pembeli ilfil sesaat setelah mengunjungi tur virtual properti Anda hanya karena melihat barang-barang kotor berserakan yang tak sengaja tertangkap kamera. Waduh!

  • Go viral!

Unggah gambar maupun video tur virtual properti Anda di Facebook atau Instagram. Jangan lupa untuk memberi hastag yang tepat agar lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli. Bagikan tautan tur virtual tersebut pada tempat yang tepat, misalnya pada situs web atau blog properti atau akun-akun jejaring sosial yang berkaitan dengan bisnis properti.

  • Harus menarik, namun tetap informatif dan jujur.

Anda boleh menuliskan deskripsi yang persuasif untuk melengkapi tur virtual yang Anda unggah ke dunia maya. Deskripsi dengan kalimat-kalimat indah belum tentu mendatangkan pembeli. Jika deskripsi yang serba indah itu sesuai dengan kondisi properti, tentu bukan masalah. Tetapi kalau berkebalikan dengan keadaan sebenarnya,  wah…bisa-bisa Anda dituduh sebagai pemberi harapan palsu. Buatlah deskripsi berisi informasi yang dibutuhkan calon pembeli dan jujurlah tentang kondisi properti Anda. Katakan saja jika ada ubin yang retak, jelaskan penyebabnya, dan berikan kemungkinan solusi untuk membenahi kerusakan itu. Kejujuran meyakinkan calon pembeli bahwa Anda penjual yang profesional.

  • Tambahkan fitur-fitur yang memanjakan calon pembeli

Ada banyak  pilihan aplikasi menarik yang dapat Anda gunakan untuk menambah kualitas tur virtual properti Anda. Misalnya, Anda bisa menampilkan floor plan, menambahkan peta, atau simulasi renovasi. Dengan aplikasi simulasi renovasi atau dekorasi, pengunjung tur virtual bisa mengubah tampilan warna dinding, atap, menata dekorasi, dll,  sambil membayangkan bagaimana mereka akan mengubah atau memberi sentuhan baru pada properti tersebut nantinya.

  • Tampilkan juga foto-foto panorama lingkungan sekitar properti Anda dari berbagai sisi.

Gambaran tentang lingkungan sekitar properti turut menentukan ketertarikan calon pembeli pada sebuah properti. Jika mereka merasa properti berada di area yang sesuai dengan ekspektasi, kesempatan properti Anda untuk segera laku semakin besar.

Promo di dunia digital terbukti mampu memberikan keprakstisan dalam hal jarak, waktu, tenaga, dan biaya, namun layaknya upaya marketing pada umumnya, promo digital tetap membutuhkan trik-trik khusus agar memenangkan pasar. Jika Anda memiliki tips lainnya, Anda juga boleh membagikannya di sini. Kami tunggu!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s