Sudahkah Anda Mempertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Memilih Apartemen?

Penulis : Fitri Ratna Irmalasari

Apartemen telah menjadi bagian dari gaya hidup kaum urban yang kerap menginginkan kepraktisan hidup. Bekerja di area perkantoran di tengah kota dan menetap di permukiman di luar kota sudah pasti melelahkan. Waktu serasa habis dalam perjalanan pergi-pulang kantor. Apartemen umumnya dibangun dekat dengan akses transportasi ke pusat-pusat aktivitas manusia. Jika Anda tak punya banyak waktu mengurus rumah, apartemen merupakan pilihan yang menarik. Berbagai fasilitas ada di sana. Semuanya ada dalam satu area, mulai dari fasilitas umum hingga hiburan.

Jika Anda berniat tinggal di apartemen dan saat ini tengah mencari apartemen yang tepat,  simak 4 hal berikut yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menyewa atau membelinya.

  • Tentukan prioritas

Sulit mencari hunian yang sempurna. Lokasi amat sangat bagus, namun harga mahal. Bangunan dan desainnya cocok di hati, tetapi suasananya berisik. Harga apartemen lebih murah, tetapi sistem keamanannya meragukan. Ini artinya, Anda perlu menentukan skala prioritas sesuai kebutuhan dan karakter Anda. Seseorang yang gemar bersosialisasi biasanya mendambakan hunian yang dekat dengan pusat hiburan dan tempat nongkrong. Sebaliknya jika Anda menginginkan ketenangan setelah pulang kantor, apartemen dengan suasana tenang dan eksklusif adalah pilihan terbaik. Jika akan menempatinya bersama keluarga, pertimbangkan pula pengaruh apartemen tersebut terhadap kegiatan sehari-hari anggota keluarga.

  • Jangan malas melakukan survey

Cari informasi mengenai jarak, akses transportasi, dan kondisi jalan antara kantor dan calon apartemen. Akan lebih baik jika Anda menyempatkan diri mencoba rute kantor-calon apartemen agar dapat memastikan kenyamanan. Gali semua informasi, misalnya tentang usia bangunan, fasilitas, keamanan, kondisi lingkungan sekitar, harga, dll. Anda tak perlu ragu menanyakannya ke pihak developer atau penjual. Pokoknya, apa pun yang berhubungan dengan kenyamanan Anda kelak jika menempati apartemen tersebut wajib Anda ketahui.

  • Perhatikan status tanah dan kredibilitas pengelola apartemen

Terutama jika berniat untuk membeli apartemen, hal ini mutlak harus dilakukan. Ada cukup banyak kisah tentang pemilik apartemen yang merugi akibat baru menyadari bahwa apartemen yang dibelinya ternyata dibangun di atas lahan sewaan atau tanah sengketa. Untuk mengeceknya Anda bisa meminta bantuan notaris jika bersedia mengeluarkan biaya lebih banyak. Namun, Anda juga bisa melakukannya sendiri, yaitu dengan mendatangi kantor Pejabat Pembuat Akte Tanah (PPAT).  Selain itu, Anda juga wajib mencari tahu mengenai pengelola apartemen. Jika track record-nya bagus, kemungkinan apartemen itu akan membuat Anda nyaman.

  • Pertimbangkan pengeluaran tambahan

Sering kali seseorang lupa menghitung jumlah pengeluaran bulanan selain biaya sewa apartemen itu sendiri. Mungkin saja ada biaya keamanan, kebersihan, atau biaya parkir. Nah, yang satu ini paling sering terlupakan. Kalau Anda memiliki mobil, Anda perlu mengetahui apakah Anda mendapatkan jatah parkir gratis atau harus membayar.

Setelah semua hal di atas Anda pertimbangkan secara matang, tinggal saatnya menentukan kapan Anda akan pindah ke hunian tersebut. Yay!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s